Cek di sini

Kamis, 01 Oktober 2015

30-Day Book Challenge: Day 01

Day 01 - Best book you read last year:

The Flower Fairies Changing Season
by
Cicely Mary Barker




"Last year" di sini saya artikan tahun 2014 dan langsung membuat saya mengobrak-abrik akun Goodreads saya untuk mengecek ulang buku-buku apa saja yang saya baca selama tahun itu.
Agak kesulitan karena ternyata cukup banyak buku yang saya daftarkan ke GR pada tahun 2014. 

Beberapa kandidat saya untuk Day 01 ini adalah (urutan acak):
1. The Kingdom Under the Sea oleh Joan Aiken dan Jan Pienkowski
2. Doukyuusei (同級生) series oleh Nakamura Asumiko
3. Peter Nimble oleh Jonathan Auxier
4. The Flower Fairies Changing Seasons oleh Cicely Mary Barker

Peter Nimble menjadi kandidat yang saya coret paling pertama karena setelah membaca ulang review sendiri di GR (ini link review saya) saya jadi teringat kembali kalau sebenarnya masih banyak kekurangan pada novel debut Auxier tersebut.

Kingdom Under the Sea adalah yang saya coret selanjutnya karena saya masih lebih menjagokan kumcer Aiken yang orisinal "A Necklace of Raindrops and Other Stories" yang sudah pernah saya post di blog ini juga.

Tersisa manga-nya Nakamura Asumiko dan picture book-nya Cicely Barker dan keduanya sama-sama kuat. Jujur, kalau bisa saya pilih keduanya deh :"( 
Nakamura Asumiko dan Cicely Barker itu enggak bisa dibanding-bandingkan. Keduanya punya spesifikasi yang berbeda, mulai dari genre sampai zaman. 
Tapi, apa boleh buat. Saya harus mengambil keputusan bulat *si Gie mulai terlalu serius untuk challenge main-main ini* dan akhirnya saya memutuskan untuk memilih buku bergambarnya Cicely Barker untuk Day 01 ini. 


Cicely Barker punya gaya gambar yang feminim yang sangat khas era 1800-an akhir menjelang 1900-an di Eropa. Klasik, cantik. Saya suka. Saya juga sama sukanya dengan gaya gambar Margaret Tarrant--dan saya baru tahu belum lama ini kalau mereka berdua (Barker dan Tarrant) adalah sahabat dan sering menggambar bersama. Pantas saja selera mereka juga sama: dunia peri, apalagi pada masa itu memang lagi booming soal peri-perian di Eropa. Makanya buku-buku mereka kebanyakan bertema peri, ehehehe....

Selain itu, buku yang saya punya ini bisa ditarik-tarik (sliding book) gitu, jadi demen mainin(?)-nya <3 <3 <3 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar