Cek di sini

Jumat, 02 Oktober 2015

30-Day Book Challenge: Day 02


Day 02 - A Book that You've Read More than 3 Times


A Necklace of Raindrops and Other Stories 
by 
Joan Aiken & Jan Pienkowski ♥♥♥♥♥ 





Saya kebetulan nemu foto yang ada Pak Pienkowski-nya pas sesi tanda tangan cetak ulang buku Necklace of Raindrops tahun 2009, jadi sekalian aja gak cuma fangirling-in bukunya, tapi juga sekaligus Pak Pienkowski-nya fufufufufufufuuuuuu~~~~ ♥♥♥*gelundungan nebarin hati penuh cinta* ♥♥♥

Kandidat saya untuk Day 02 ini (urutan acak):
1. The Secret Garden oleh Frances Hodgson Burnett
2. The Prince and the Pauper oleh Mark Twain
3. Odette: A Springtime in Paris oleh Kay Fender
4. A Necklace of Raindrops and Other Stories oleh Joan Aiken dan Jan Pienkowski

Menyeleksi buku untuk Day 02 ini sangat mudah buat saya ehehehe.... Saya tinggal ngecek buku-buku apa saja yang selaluuuuuu saya taruh di rak di dekat saya dan selalu saya bawa ke mana pun saya pindah selama ini (terutama waktu berkali-kali pindah kos selama kuliah dan awal kerja dulu); juga merupakan satu-satunya rak yang buku-buku di dalamnya saya susun dengan rapi.

Terus, saya tinggal menghitung kira-kira buku mana yang paling sering saya buka di antara keempat kandidat itu.
The Secret Garden sering saya baca ulang karena selain suka ilustrasinya (yang versi saya punya ilustratornya Tasha Tudor) saya juga demen tokoh Dickon--anak cowok yang ke mana-mana selalu dikelilingi hewan ♥

The Prince and The Pauper mungkin lebih sering saya buka dibanding Secret Garden karena saya demeeeeeen banget Kesatria Miles Hendon ♥ Dan jujur, tiap kali saya baca ulang novel Mark Twain ini, saya cuma baca ulang bagian-bagian di mana Sir Hendon ngurusin si Prince yang supeeeeeerrr egois, kekanakan, naif (atau boleh dibilang bodoh) itu dengan penuh kesabaran kayak ngurus anaknya sendiri.

Odette ini... saya demen ilustrasinya dan kisahnya yang heartwarming soal seorang kakek pengamen dan burung kecil yang selalu menemani si kakek mengamen dengan suara siulannya. Ending-nya agak sedih karena si kakek mendadak meninggal saat si burung kecil itu sedang migrasi karena musim dingin.

Tapi dibanding tiga buku itu, ternyata saya masih lebih sering membaca ulang buku Bu Aiken dan Pak Pienkowski yang Raindrops ♥
Yang saya punya sebenernya terbitan lama dan sampulnya bukan yang ada di foto ini.
Buku ini merupakan kumcer yang berisi 8 cerita fantasi yang sangaaaat manis dan menggugah imajinasi. Saya jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Bu Aiken dalam buku ini. Dengan imajinasinya yang liar dan seolah tanpa batas. Juga dengan betapa manisnya cerita-cerita beliau di sini. Khas banget. Spesial.
Buku ini udah jadi semacam "kitab suci" seorang Gie tiap kali ini menulis cerita fantasi anak. Bu Aiken adalah inspirasi tulisan-tulisan saya. Sayang, saya mengenal karya beliau setelah beliau wafat. Saya ketemu buku ini pun bisa dibilang kebetulan. Waktu itu ada bazar buku bekas di kampus yang diselenggarakan Prodi Jerman dan buku ini langsung menarik minat saya. Padahal kondisi bukunya sudah parah, halamannya sudah banyak yang lepas dari sampulnya, kotor pula. Tapi ilustrasi-ilustrasi Pak Pienkowski seolah menyihir saya untuk gak ngelepasin buku ini.
Waktu saya mau bayar, dosen native Jerman yang jaga stan memberinya gratis, katanya karena kondisi buku ini sebenernya udah gak layak jual. Saya bahagia banget waktu itu ^///w///^
Aaaaah~~~ bener-bener semacam pertemuan takdir ala-ala ketemu jodoh gitu deh ♥♥♥
R-o-m-a-n-t-i-s ♥

Btw, Bapaaaaaaaaaak~~~ saya ngefans, Pak Pienkowksi!! Bapak sama Ibu Aiken tuh udah kayak OTP saya untuk buku anak, Pak, dan saya gak pernah masang-masangin pengarang lain selama hidup saya, Pak, cuma Anda berdua, Pak~~~ ♥♥♥

Psst... sebenernya saya ada rencana buat menjadikan buku-buku Ibu Aiken (terutama yang ilustratornya Pak Pienkowski) sebagai mas kawin kalau nanti saya menikah, makanya saya menahan diri untuk gak beli-beli buku beliau dulu. Ufu ♥
(Sumber foto: achuka.co.uk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar