Cek di sini

Rabu, 04 November 2015

[Review] Doujin AkaFuri “When You Wish Upon a Star” by En-ka

2,5/5 bintang.

Saya milih doujin Enka untuk saya ulas sekarang karena eeer... saya udah beberapa kali bikin review untuk beberapa karya Enka sebelumnya, jadi rasanya lebih “mudah” dibanding bikin review untuk karya orang-orang baru—mungkin karena saya udah punya perbandingan. Juga karena saya perlu beralih ke doujin lain sebelum ngelanjutin review LN AkaFuri yang udah saya review sebagiannya.


Sampul depan: Furihata



Waktu dateng ke Undokai dan lihat doujin ini nangkring di meja circle-nya, yang kontan muncul di kepala saya malah pertanyaan: “Enka bikin AkaFuri? Kenapa?”

Yah... emang terserah doujinka sih mau bikin pairing apa. Tapi saya gak bisa gak merasa aneh haha~ Bukan cuma gegara AkaFuri lagi “naik daun” kan, Enka? Hehe :D

Apalagi andai tokoh-tokoh di doujin ini diubah jadi beberapa pairing lain pun (misal MidoTaka), rasanya gak akan masalah, plot masih bisa jalan tanpa hambatan. Jadi, kenapa Enka milih AkaFuri kali ini? Kenapa? Kenapa? KENAPA?

...Lho? Saya jadi penasaran sendiri, biasanya doujinka tuh mikirin plot dulu atau pairing dulu sih? Kayaknya pairing dulu ya? Ada yang pernah mikirin plot dulu baru masukin pairing gak? Apa kalau urutannya dibalik gak bakal nyambung?


Well, kesampingkan pikiran-pikiran saya yang kejauhan, seperti biasa, mari kita mulai cek dari sampu—SH*T!! Akashi-nya ganteng bet!!! (╯°□°)╯︵ ┻━┻

*ehem* *saya harus jaga imej(?)*

Sampul belakang: Akashi ganteng


Waktu di Undokai saya gak sempet ngeliat sampul belakangnya sih.... Lagi ngirit, pandangan harus dijaga dan saya berhasil gak beli apa-apa di sana, yeay! :v

Jujur, saya bukan penggemar Akashi—meski gak benci juga—tapi biasanya saya biasa-biasa aja ngeliat Akashi berkeliaran di mana-mana. Maksud saya... baik di komik maupun di anime, juga pas Kuro/Ahokitsune beberapa kali bawa-bawa ilust Akashi-nya pas nongkrong sama saya dan Dini di luar, juga selama saya keliling-keliling liat doujin-doujin lain yang ada Akashi-nya di event-event lokal... gak ada yang berhasil membangkitkan jiwa fangirl saya terhadap Akashi. Maksud saya... duh, itu lho... semacam cinta pada pandangan pertama pada Akashi gegara ilust Enka? ♥

Meski saya tetep biasa-biasa aja sama Furi-nya di sampul depan, sih~ (*・_・)ノ⌒*


Dan saya suka sampul bertekstuuuur~~ Enyak dipegang-pegaaaang~~~ ԅ(¯﹃¯ԅ) *komentar soal tekstur sampul selalu muncul di review karena si Gie dicurigai punya tendensi fetish terhadap sampul buku :v *


Btw, gambar Enka makin bagus ya? ♥ Seenggaknya, ini menurut saya sih. Keliatan dari gambar Akashi sampulnya. Saya suka pewarnaan jasnya Akashi. Juga rambut Akashi dan Furi di sampul. Dan aaaah... warna hitam di baju Furi dan Akashi dijadiin satu sama langit ala-ala Hayakawa Nojiko ya? Fufu~ Pokoknya sukaaaaaaa ♥♥♥



Oke, mari kita buka bukunya~

Huuummmm... ya, ya, gaya gambar Enka memang agak berubah. Style-nya masih tetep ada, tapi agak beda. Yang pasti lebih rapi, sih. Saya seneng, makin enak diliat soalnya ♥

Dan “terasa” kalau Enka makin berhati-hati dalam menggambar. Tiap-tiap halaman, bahkan tiap-tiap panelnya itu seolah mengeluarkan aura(?) kalau mereka digambar dengan perhatian penuh dan kehati-hatian. Bukan cuma soal gambar, saya rasa sampai balon dialog dan isi dialognya pun diperhatiin banget. Saya rasa Enka agak insecure(?) waktu ngegambar doujin ini. Macem ada perasaan: “Bagian ini udah oke belum, ya?” “Di sini perlu ditambahin apa lagi, ya?” “Kok kayaknya di bagian sini masih ada yang kurang?”. Rasanya dia sampai ngecek berkali-kali, gitu.

Apa ini efek keseringan di-review orang-orang rese macem saya, Enka? Ta, tapi saya selama ini galak karena merasa Enka tipe yang tahan bantiiiing!!!


Seenggaknya background-nya udah ada isinya, gak kebanyakan space kosong kayak di doujin MidoTaka “Isn’t Here”. Saya jadi bisa liat-liat sesuatu selain muka tokoh-tokohnya. Wuhuuuu~

Btw, di halaman pertama ada frasa “very very”, saya inget di SMP dan SMA sampai dua kali saya diingetin orang yang berbeda kalau ingin mengungkapkan “sangat sangat” dalam bahasa inggris, lebih baik pakai “really really”. Setelah diingetin di SMP, saya lupa, terus keinget lagi gara-gara temen saya yang di SMA bilang, “Kalau kelepasan ngomong very very bisa dianggep kampungan sama orang luar. ‘Oh, pasti dia baru belajar bahasa inggris nih’, gitu Gi’.” Dan yang ngasih tau saya waktu SMA itu cowok yang saya sukain, jadi otomatis nempel(?) di otak deh, hiks ;w;
(Tapi abis itu saya dapet “bonus” tawa dan pukpuk di kepala, jadi rasa malunya tersingkirkan kabut cintaaah~ ♥ #heh).

Juga di judul, “a”-nya kayaknya yang bener kecil: “When You Wish Upon a Star”. Ah, saya suka banget logo judul di dalem, font-nya manis dan ada efek bintang-bintangnya~

Maap, maap, si Anggi emang demen ngomentarin hal gak penting. Ahahahaa.



Mari cek plot cerita!!

Meski gambarnya makin rapi, secara plot... ini masih biasa-biasa aja. Bahkan, waktu baca sekilas pertama kali, saya langsung keingetan pernah membaca sesuatu yang plotnya serupa. Saya lupa komik atau doujin, yang pasti salah satu tokohnya jadi kecil—meski bukan karena memohon ke bintang jatuh.

Plot salah-satu-tokoh-mendadak-jadi-lebih-muda memang udah umum dipakai, namun masih punya potensi dapet eksekusi akhir yang beragam, tergantung dari gimana pengarangnya membawakan cerita. Tapi.................... cerita di mana si tokoh yang mengecil gak sengaja nguping pasangannya mengeluh rindu sosoknya saat dewasa itu bener-bener—saya yakin—pernah baca yang serupa!! Meski sama sekali lupa judulnya apa [2]

Gara-gara itulah, saya agak-agak “krik” gitu pas cek plot doujin ini.

Lagi pula, kalau boleh jujur, setelah doujin MidoTaka yang “Distance”, emang belum ada lagi doujin Enka yang plotnya mampu bikin saya terkesan—terkecuali doujin SouMako yang memang saya gak baca.

—Barusan saya baca ulang yang “Distance” dan emang masih nampol! Huwehuwehuweeeee~~ kapan dong Enka bisa bikin cerita yang sedalem itu lagiiiii? Puaskan sayaaaaahhhh ||orzzzzz


Oke lah secara teknik gambar Enka makin hebat, tapi mau gak mau, saya harus mengakui bahwa saya merasa belum ada perkembangan berarti—bahkan cenderung menurun—untuk masalah plotting.

Hmmmm... padahal “Distance”, “Isn’t Here”, dan “Wish Star” punya atmosfer plot yang mirip. Sama-sama angst-wanna-be, tapi hasilnya beda ya. Kenapa ya? Hmm....

Saya rasa masalah halaman juga berpengaruh sih. Si “Wish Star” ini sebenernya berpotensi besar untuk bisa dibikin mengesankan, tapi perkembangan ceritanya terlampau diburu-buru dan kurang diulur. Pembaca belum sempet merasakan kegelisahan dari kedua tokohnya, tapi keburu diklimaksin pas si Furi gak sengaja nguping Akashi di beranda.

Kesalahan yang sama yang terulang sejak “Isn’t Here”.

Plotnya gak dibangun secara perlahan-lahan; padahal menurut saya, genre angst itu krusial dalam hal pembangunan intensitas cerita. Diburu-buru dikit aja, langsung ambruk atmosfernya. Terlambat dikit aja, langsung berasa diulur-ulur gak penting.

Enka ngejar dedlen ya? Makanya buru-buru gini?


Klimaks


Dan... yah... saya yakin Enka sendiri juga paling menikmati (dan paling bangga) dengan doujin “Distance” dibanding dua lain yang setelahnya. Percaya gak percaya, perasaan pengarang saat membuat karya tuh bisa tersampaikan ke pembaca. Apalagi yang berasal dari penulis-penulis yang masih amatir/indie.



Apa emang kalau ada event seorang doujinka harus-wajib-kudu mengeluarkan karya baru? Apa salah kalau cuma jualan yang lama-lama aja—cetak ulang si “Distance”, misal? Seenggaknya untuk menghindari keterburu-buruan untuk karya yang baru, jadi bisa lebih maksimal hasilnya.


Hmm....
Total skor—kayaknya stagnan sejak yang terakhir kali, cuma tuker posisi aja:

Sampul 2,5 bintang
Plot 2 bintang
Teknis 3,5 bintang

Total 2,5 dari 5 bintang. (Tanpa pembulatan ke atas, karena... well... saya sedang tidak berbaik hati atas kestagnanan itu)


Saya baru baca lagi review yang “Distance” dan lupa ternyata gak dikasih skor akhir waktu itu, tapi diliat dari gimana saya heboh banget, kayaknya 3,5-4 dari 5 bintang tuh.


Gitu deh.

Kecewa saya. Hiks.

Apa Enka kecewa juga, sama seperti saya?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar